Tugas Softskill Desain Pemodelan Grafik

Selamat datang di blog saya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tugas saya yaitu "Desain Pemodelan Grafik ". Pada postingan saya yang sebelumnya yaitu membahas " Grafik Komputer dan Pengolahan Citra " Disini , sebenarnya kedua mata kuliah ini saling berhubungan.

Saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan " Desain Pemodelan Grafik ". Desain menurut KBBI( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) adalah Kerangka , Bentuk , atau Rancangan. Model menurut KBBI pola (contoh, acuan, ragam, dsb ) , sedangkan grafis menurut KBBI adalah bersifat graf; bersifat huruf; dilambangkan dng huruf; 2 bersifat matematika, statistika, dsb dl wujud titik-titik, garis-garis, atau bidang-bidang yg secara visual dapat menjelaskan hubungan yg ingin disajikan secara terbaik , penyajian hasil penghitungan; bersifat grafik. Jadi Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek yang baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Sedangkan menurut saya desain adalah suatu rancangan atau rencana pembuatan dan pembangunan sebuah konsep.




Pada gambar diatas dikatakan sebuah desain karena merupakan suatu gambaran atau suatu pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu. contohnya pada gambar diatas dikatakan desain tombol Engine Start karena memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan sebuah output yaitu menyalakan mesin mobil yang rancangannya telah dibuat oleh desainer mobilnya
.

Kemudian pada gambar diatas dikatakan sebuah model karena desain yang telah digunakan berbentuk nyata yaitu mobil ferrari tersebut. menurut saya model adalah sebuah kumpulan desain yang telah digunakan berbentuk nyata sebuah objek. 
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang oleh desainer Pemodelan merupakan proses dibentuknya suatu obyek agar dapat memebentuk objek aslinya tanpa ada kesalahan dan proses ini memerlukan beberapa tahap. 
1. Pemodelan geometris 
Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D. 
2.Animasi
Animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui penggunaan computer. Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D, dan Animasi 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. Beberapa contoh bentuk animasi 2D Misalnya :Detective Conan, Doraemon, Tintin dsb. Sedangkan contoh animasi 3 D yang pernah kita lihat Misalnya : Finding Nemo, Wall E, Ratatouille dsb. Contoh sotfware Untuk membuat 2D seperti Macromedia Flash, , Corel R.A.V.E., After Effects dsb,sedangkan animasi 3D maka dapat menggunakan Maya, 3D Studio Max dsb. 
3. Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output



Grafis adalah representasi dari gambar yang memiliki ukuran, skala, dan memiliki arti atau informasi yang terkandung didalamnya.
Jadi desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi secara visual menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi dan pesan tertentu kepada penonton (target).
Unsur dalam desain grafis yaitu (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Sedangkan pada gambar diatas dikatakan sebuah grafis atau desain grafis karena mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi mobil.Dari grafis tersebut dapat diperoleh infomasi ukuran itulah yang membedakan gambar dan grafis .

Beberapa Software yang di gunakan dalam membuat Desain , Model, ataupun Grafis : 
-Adobe Photoshop
-Corel Draw
-Adobe Dreamweaver
-MathLab
-Adobe Ilusstrator
-Audio Visual
-Adobe Flash atau versi sebelumnya Macromedia Flash
-Adobe Premier
-3DMax
-AutoCad
-Sketchup
-ArchiCad
-Blender
-Unity
-Maya

0 comments:

Post a Comment