Analisa Desain Produk Shaver Boateng

Selamat datang di blog saya pada kesempatan kali ini saya akan menganalisa sebuah desain produk maupun desain packaging dari produk "Shaver Boateng", ya dari nama tersebut sudah terbesit dipikiran yaitu sebuah shaver. Shaver adalah sebuah alat untuk mencukur kumis maupun janggut. Produk ini adalah sebuah electrick shaver yang menggunakan listrik. saya akan mereview produk ini karena shaver ini sangat praktis karena ukurannya yang lumayan kecil. 

Sebelum mereview ke desain produk ini saya akan menjelaskan pengertian desain produk yaitu dapat didefinisikan sebagai generasi ide, pengembangan konsep, pengujian dan pelaksanaan manufaktur (objek fisik) atau jasa. Desainer produk konsep dan mengevaluasi ide-ide, membuat mereka nyata melalui produk dalam pendekatan yang lebih sistematis. Peran seorang desainer produk meliputi berbagai karakteristik manajer pemasaran, manajer produk, industri dan desainnya.

Sebuah desain dari produk haruslah terlihat rapi, menyesuaikan fungsi dari produk tersebut, unik atau kreatif, dan terlihat simple.

Oke saya akan mereview Shaver ini .



ini adalah tampilan dari kemasan shaver tersebut dengan warna keemasan yang mempunyai arti atau kesan mewah. Packaging ini menggunakan perekat atau pengunci dengan menggunakan magnet.



gambar diatas adalah packaging ketika dibuka. warna keemasan masih menjadi warna utama dari produk shaver ini. 




Di dalam packaging terdapat kuas pembersih, pisau cukur cadangan, dan steker untuk menghubungkan slot listik ke catu daya.



Selanjutnya saya akan mereview desain dari produk ini.



Shaver ini mempunyai 2 fungsi yaitu untuk memendekkan atau mencukur halus janggut dan kumis. Pada sisi kiri shaver ini yaitu gambar sebelah kiri diatas terlihat terdapat sebuah slide button 1 yaitu mempunyai fungsi untuk menghidupkan alat ini. selanjutnya slide button 2 pada sisi kanan shaver yaitu pada gambar kanan diatas berfungsi untuk membuka penipis janggut maupun kumis. Di bawah slide button 1 dan 2 terdapat handle agar tidak licin pada saat mencukur yang membuat nyaman pengguna.



Ya dari gambar diatas sudah dijelaskan dimana penipis dan pencukur halusnya. menurut saya posisi penipis nya bagus tidak terlalu ke bawah dan tidak terlalu ke atas sudah proposional.


Button 3 terdapat di sisi kiri dan kanan yaitu berfungsi untuk membuka pengaman pencukur halus shaver ini.


Gambar di atas adalah ketika pengaman pencukur halus dibuka yaitu dengan cara menekan button 3 kiri dan kanan bersama sama kemudian menarik pengamannya ke atas.


Pada sisi belakang shaver ini terdapat cermin yang membuat kesan memanfaatkan ruang kosong.

Material:
-Synthetic Leather yang menyerupai kulit asli
-Plastik untuk kerangkanya
-Besi untuk penutupnya
-Kaca untuk cerminnya 

Alasan terbentuknya Desain :
-berbentuk dasar bidang balok namun sisi-sisi nya  melengkung alasannya agar pengguna nyaman pada saat menggenggam shaver ini.
-Posisi charger terletak di bawah alasannya memanfaatkan ruang kosong yang terletak di bawah dan mempertimbangkan nilai estetik dari shaver ini.Apabila terletak di samping kiri ataupun kanan tidak terlihat balance atau seimbang.
-Terdapat gerigi gerigi di posisi kanan dan kiri alasannya agar pada saat digenggam tidak licin dan pengguna merasa nyaman.
-Terdapat cermin di belakang shaver alasannya memanfaatkan ruang kosong yang terdapat di bodi belakang dan agar pengguna dapat melihat hasil setelah bercukur.

7 comments:

  1. Membuat desain kemasan memang memusingkan, tapi anda tidak perlu repot lagi ada Jasa Desain Produk Berkualitas Sribu hasilnya unik dan menarik

    ReplyDelete
  2. bang mau tanya dong. ane baru beli nih pencukur... tapi pencukur halusnya ga bisa dipake... itu gmana cara makenya ya? tau ga bang? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya Pake dulu penipis baru yg penghalus . . . .

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. tumpul gimana ???? pake yg penipis baru penghalus . . . .

      Delete
  5. Pkai alat cukur Boteng Shaver RSCW-VI sngat menguntungkn dan hrgax ckup trjngkau.cman krn mata pisaux sdh tdk tajam lagi,kan ada mata pidau cadangnx
    Blum tau cara bukax, mohon petunjukx. Mkasih

    ReplyDelete