Aturan Desain Aplikasi Mobile , Website dan Dekstop

 Design is as much an act of spacing as an act of marking "Ellen Lupton".

Selamat datang di blog saya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tugas saya yaitu mengenai Aturan Desain Aplikasi Mobile , Website, dan Dekstop. Sebenarnya disini saya bukan akan menjelaskan aturan yang baku namun merupakan sebuah panduan atau tips dalam membuat desain yang baik.



1. Menentukan Tujuan
  • Apa yang ingin anda kerjakan ? Desain sebuah Aplikasi Mobile, Website ataukah dekstop. Jadi disini anda akan menentukan tema. Desain anda untuk apa ? dalam bidang pendidikan, E-commerce, Game, Berita dsb.
  • Apa tujuan dari Aplikasi anda ? untuk membagikan informasi, untuk berniaga, atau membantu pekerjaan manusia lainnya.

2. Menganalisa Pengguna atau User
  • Umur = Ada perbedaan dalam membuat desain untuk umur-umur tertentu, misalnya desain untuk anak anak haruslah ceria, full color, banyak gambar gambar yang lucu atau menarik lainnya beda halnya dengan yang dewasa yang menyukai desain yang simple namun tetap menarik.
  • Bahasa dan Budaya = Misalnya Aplikasi anda bersifat lokal artinya hanya mencakup negara tertentu sesuaikan dengan bahasa negara tertentu lain halnya bila membuat aplikasi secara global atau internasional umumnya menggunakan Bahasa Inggris. atau anda membuat desain aplikasi dengan mengpackage an bahasa untuk negara negara tertentu. Dalam segi budaya jangan yang menyinggun unsur SARA karena sangat sensitif.
  • Level Pendidikan = Dalam membuat desain diharapkan juga memperhatikan level pendidikan misalnya untuk orang awan diharapkan membuat desain yang simple dan mudah dimengerti.
  • Akses dalam penggunaan= Sebuah desain haruslah seefisien mungkin dalam ukuran aplikasi maupun penggunaan paket data dalam mengakses internet.
  • Kategori Desain Aplikasi= Desain untuk sebuah aplikasi E-Commerce harus berbeda dengan Desain Utillitas dan juga harus berbeda dengan Desain Informasi.

3.  Menganalisa Pesaing
  • Menganalisa para pesaing anda. maksudnya membandingkan atau memperhitungkan aplikasi anda dengan aplikasi lain. Desain Aplikasi anda harus mempunyai kelebihan dan meminimumkan kekurangan yang ada. 
  • Apa yang menjadi Trend . Misalnya Flat Desain, Metro UI windows, ataupun Background Besar, atau Full Animasi dsb.

4. Pahami kemampuan anda dan Sumber Daya anda.

Kemampuan apa yang anda punya= Misalnya dalam membuat desain Aplikasi Mobile anda , anda menginginkan Grafik dan animasi yang sulit namun anda tidak sanggup membuatnya itu contoh yang salah.  contoh lainnya anda hanya menguasai dalam membuat website statis namun anda ingin membuat website E-Commerce dengan PHP. 

5. Komposisi Desain.
  • Komposisi Rules Of Third = rule of thirds atau aturan sepertiga adalah petunjuk bagaimana caranya memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Teknik ini juga termasuk dalam mengkomposisikan objek kedalam satu bingkai, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan sepertiga itu. Pada rules of thirds, bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga anda memiliki 9 area yang sama besar. Dengan demikian, kita sekarang memiliki pertemuan empat titik. Komposisi rules of thirds Keempat titik pertemuan yang diwarnai merah diatas bisa kita sebut sebagai empat titik mata. Nah teori komposisi rules of thirds mengatakan bahwa kalau kita menempatkan “point of interest” alias bagian paling menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih balance dan enak dilihat. Tidak semua empat titik harus diisi bersamaan, cukup salah satu. Dan elemen point of interest tersebut bisa jadi berupa obyek foto manusia ataupun benda mati. Dalam ilmu desain disebutkan bahwa saat melihat sebuah gambar, mata manusia secara natural tertuju pada salah satu titik diatas dibandingkan pada pusat titik tengah foto. Sehingga foto yang disusun dengan komposisi rules of thirds lebih enak dimata karena sejalan dengan cara mata kita melihatnya.
  • Grid= Grid adalah sebuah garis yang beraturan. Keberadaan grid pada dasarnya adalah membantu untuk menempatkan berbagai elemen dalam sebuah desain agar nampak beraturan, lebih harmoni, lebih memiliki alur.
  • Balance = Keseimbangan (balance) adalah salah satu poin penting keberhasilan sebuah desain. Semua orang suka dengan keadaan nyaman (tidak timpang) terhadap apa yang dilihatnya. Keseimbangan dalam desain grafis dapat tercapai dengan mengatur berat visual masing-masing elemen, baik dalam hal skala, warna, kontras,Faktor formal, seperti bentuk-bentuk, Ukuran, Posisi (Direction, Internal, Attitude), Intensitas warna, Representation (Cara menggambarkan) Association (Asosiasi/ikatan/hubungan),  

Keseimbangan Asimetri


Keseimbangan Simetris


  • White Space = ruang kosong di antara dan di sekitar unsur-unsur desain layout atau halaman. Hal ini dapat meliputi: ruang di sekitar grafik dan gambar, margin dan selokan, ruang antara kolom, dan bahkan ruang antara jenis baris. White space disebut juga sebagai negative space. Negative space juga tidak menyiratkan arti bahwa hanya warna putih yang dapat digunakan dalam pembuatan website yang dibuat oleh jasa design web Anda, tetapi juga warna – warna lainnya juga dapat diaplikasikan.
6. Warna
Warna etnik : warna yang berciri gaya etnik/tradisional, contohnya dominan hijau tua, coklat, dsb.
Warna pop art : warna yang menggunakan warna-warna cerah (khas pop art), seperti perpaduan warna merah, kuning, orang, dsb.
Warna op-art (psikodelik) : warna yang menngunakan warna-warna yang memberikan efek khusus terhadap mata yang melihatnya( seperti kesan luas/sempit, tinggi-rendah, dsb.). Contoh komposisi warna tersebut adalah merah-biru, merah-hijau, dsb.
Warna posmo (postmodern): warna yang menggunakan warna-warna soft yang mencirikan gaya postmodern. Contoh:perpaduan warna pastel.
dan Warna juga berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu desain. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yang melihatnya. Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh.

Makna emosi yang terpadat pada warna :

Biru : Kepercayaan, keyakinan, tenang dan serius
Ungu : Ambisi, unik, misterius dan independen.
Merah : Passion, cinta, sensualitas, intensitas 
Hijau : Harmoni, ambisi, segar, dan natural.
Coklat : Kenyamanan, kekuatan, maskulin, mewah.
Oranye : Keberanian, Kesenangan, Ketegasan dan Antusiasme
Kuning : Damai, kegembiraan, energik, dan suka cita.
Putih : Kepolosan, kemurnian, dan bersih.
Hitam : Misterius, kuat, elegan dan duka.





7. Font .
  • font pada sebuah desain aplikasi haruslah yang mudah terbaca. untuk anak-anak menggunakan font yang menarik dan unik agar anak-anak menjadi tertarik. apabila untuk orang tua diharapkan font nya yang jelas dan mudah terbaca.
  • Gunakan font yang sama secara konsisten.
  • Font dapat dibaca dengan jelas.

Sumber:



4 comments:

  1. Thank kk sangat membantu banget nih semoga makin sukses :D
    tambah lagi ilmunya kk:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih telah mengunjungi blog ini, Aamiin :)

      Delete
  2. terima kasih, bermanfaat sekali

    ReplyDelete