Selamat datang di blog saya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tugas saya yaitu tentang membuat Game dengan Scratch dengan judul game " Cepat Lari Tepat " yaitu game yang membutuhkan kecekatan pemainnya .Pada game yang saya buat ini adalah sebuah game 2 dimensi, terdapat seseorang yang berlari, user diminta untuk menekan up,down,left atau right pada keyboard yang harus tepat ditekan sesuai dengan box command yang datang, game ini mirip seperti game Cookie Run.
1.
Nama Project : Cepat Lari Tepat
2.
Latar Belakang :
Game merupakan sebuah alat untuk bermain dan refreshing
yang sangat berkembang akhir-akhir ini dalam lingkungan masyarakat. Saat ini
game telah berkembang menjadi sebuah alat ataupun media yang bisa digunakan
sebagai sarana belajar.
Permainan
yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan
intelektual” (intellectual playability).
Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi
pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan
intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu
menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Game
menjadi salah satu pilihan utama untuk mengisi waktu senggang setelah
berakifitas. Banyak game yang bermanfaat namun ada juga beberapa
game yang tidak layak dimainkan karena faktor kekerasan, pornografi, dan hal
lain yang berbau negatif, tentu keuntungan dan kerugian bermain game kembali
terletak pada orang memainkannya.
Dengan
perkembangan teknologi saat ini, banyak aplikasi yang mempermudah pembuatan
game, sehingga penulis tertarik dalam membuat game menggunakan bantuan aplikasi
Scratch.
Scratch
merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah games dan
simulasi pembelajaran tanpa harus berkutat dengan bahasa pemrograman. Bahasa
pemrograman yang rumit tersebut diganti dengan tombol tombol yang mudah untuk
diaplikasikan secara mudah dengan memakai konsep blok pemrograman yang dapat di
click drag and drop, jadi pemrogramannya menjadi mirip menyusun blok blok
konstruksi LEGO.
Scratch
mendukung adanya pengaturan dan penambahan suara untuk animasinya, Penambahan
untuk banyak gambar yang mendukung ide cerita sebuah animasi ataupun games.
Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pembelajaran kepada siswa
dalam hal Problem Solving Skills, dan aktifitas yang memperkenalkan secara dini
Logika dan Matematika.
Program
scratch merupakan bahasa pemprograman baru yang membantu anak-anak dalam
membuat cerita interaktif, animasi, dan game. Scratch adalah sebuah bahasa
pemrograman untuk lingkungan belajar yang memungkinkan pemula untuk mendapatkan
hasil tanpa harus belajar menulis sintaksis yang benar terlebih dahulu. Bahasa
pemrograman ini dibuat oleh MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, pengguna
dapat membuat animasi, permainan dan lain-lain. Konsep Scratch adalah konsep
menyusun blok-blok perintah (visual). Pengguna dapat memprogram dengan menyusun
blok-blok berisi perintah (disebut blocks) seperti bergerak, bersuara, atau
berinteraksi ketika suatu tombol keyboard ditekan.
Pada
game yang saya buat ini adalah sebuah game 2 dimensi, terdapat seseorang yang
berlari, user diminta untuk menekan up,down,left atau right pada keyboard yang
harus tepat ditekan sesuai dengan box command yang datang, game ini mirip
seperti game Cookie Run.
3.
Tujuan.
1. Melatih Konsentrasi
User.
2. Melatih Kesatuan Pikiran dan Gerakan.
3. Melatih Ketepatan Pikiran dan Gerakan
4. Sebagai Hiburan.
5. Menguji Kesabaran
4. Fitur Aplikasi.
1. Terdapat tampilan button yang sedang ditekan.
2 Terdapat speedometer yang menunjukan
kecepatan box datang .
3.
Terdapat waktu sebagai score yaitu lamanya user bertahan.
4.
Cara bermain simple hanya keyboard atas, bawah, kiri, kanan dan spasi.
5.
Terdapat beberapa achievment atau
pencapaian.
6.
Terdapat Efek Suara.
7.
Terdapat Backsound.
5. Rancangan Permainan.
Perangkat
Lunat yang digunakan:
Corel
Draw
Corel Draw adalah salah
satu software khusus yang berbasiskan pada sistem vector, dan bisanya di pakai
dalam suatu pembuatan objek (making image). Tool – tool pada software ini cukup
kompleks untuk membuat suatu gambar vector, tetapi tidak tidak menutup
kemungkinan software ini dapat digunakan untuk pengeditan terhadap suatu objek
/ image (raster) yang ada, hanya saja pengeditan yang dapat dilakukan sangat
terbatas.
Scratch
Program scratch
merupakan bahasa pemprograman baru yang membantu anak-anak dalam membuat cerita
interaktif, animasi, dan game. Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman untuk
lingkungan belajar yang memungkinkan pemula untuk mendapatkan hasil tanpa harus
belajar menulis sintaksis yang benar terlebih dahulu. Bahasa pemrograman ini
dibuat oleh MIT Media Lab dari Massachusetts
Institute of Technology. Dengan Scratch, pengguna dapat membuat animasi,
permainan dan lain-lain. Konsep Scratch adalah konsep menyusun blok-blok
perintah (visual). Pengguna dapat memprogram dengan menyusun blok-blok berisi
perintah (disebut blocks) seperti bergerak, bersuara, atau berinteraksi ketika
suatu tombol keyboard ditekan.
Rancangan
Permainan
Game
ini termasuk kedalam genre arcade, Game Arcade adalah
genre game komputer yang mengandalkan ketangkasan pemainnya dalam memegang
kontrol.
Ciri-ciri
game arcade adalah mempunyai level yang singkat, kontrol yang mudah, serta
tingkat kesulitan yang bertambah dengan cepat. Jenis game ini dirancang untuk
memancing rasa penasaran pemain serta tidak membutuhkan jalan cerita yang
bagus. Game seperti ini membutuhkan waktu belajar yang relatif singkat.
Pada
game ini pemain diuji refleks, akurasi, dan waktu yang tepat untuk melewati box
yang muncul. Inti dari game ini adalah anda di representasikan sebagai stickman
yang harus melewati setiap box yang datang, cara melewatinya yaitu mengikuti
tanda panah atas, bawah, kiri, atau kanan. Jika box bertanda panah atas maka
pemain harus menekan tombol atas / up pada keyboard. Jika box bertanda panah
bawah maka pemain harus menekan tombol bawah / down pada keyboard. Jika box
bertanda kiri maka pemain harus menekan tombol kiri / left pada keyboard.
Ataupun jika box bertanda kanan maka pemain harus menekan tombol kanan / right pada keyboard. Pemain harus menekan
dengan timing yang pas tidak boleh
terlalu cepat atau terlalu lambat pada saat box menuju kearah stickman.
Kecepatan laju box semakin lama akan semakin cepat inilah tingkat kesulitannya.
Terdapat pula pencapaian atau achievment .
Di game ini terdapat 11
Sprites (actor dalam program ). Sprites 1 sebagai penanda button up / atas pada keyboard yang sedang ditekan.
Sprites 2 sebagai penanda button down /
bawah pada keyboard yang sedang ditekan. Sprites 3 sebagai penanda button left / kiri pada keyboard yang sedang
ditekan. Sprites 4 sebagai penanda button
right / kanan pada keyboard yang sedang ditekan. Sprites 5 sebagai box
yang datang. Sprites 6 sebagai speedometer.
Sprites 7 sebagai Achievment/pencapaian
pemain. Sprites 8 sebagai penanda waktu yang telah ditempuh. Sprites 9 sebagai tampilan
awal game. Sprites grass sebagai jalan atau trail. Sprites stickman sebagai
stickman atau karakter pemain.
Stage atau backdrop adalah latarbelakang atau
tampilan dimana kita meletakkan sprite kita. Bakcground bisa ditambahkan dari
file dalam komputer itu sendiri. Anda bisa menggunakan gambar yang sudah
disediakan pada Backdrop Library.
Disini saya membuat stage berwarna abu-abu.
6. Rancangan Tampilan .
Pada game ini
menggunakan tampilan yang sederhana. Pada tampilan awal terdapat gambar
stickman sedang berlari, terdapat pula komponen tanda panah sebagai icon dari
keyboard. Terdapat juga judul dari game ini yaitu “ Cepat Lari Tepat “ yang
mempunyai arti pemain harus memainkan karakter stickman dan harus tepat dalam
menekan atas, bawah, kiri , dan kanan pada keyboard.
Pada tampilan game yang sedang berlangsung . stickman
terdapat di tengah yang sedang berlari diatasnya terdapat sprites penanda atas.
Pada bagian bawahnya terdapat sprites penanda bawah. Pada bagian kanannya
terdapat spites penanda kanan . pada bagian kiri terdapat sprites penanda kiri.
Pada bagian bawah kanan terdapat waktu yang menghitung lamanya pemain dapat
bertahan, dan pada bagian kiri bawah terdapat speedometer yang menunjukan waktu
box akan melaju.
7. Screenshoot Aplikasi .
8. Penutup.
Scratch
merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah games dan
simulasi pembelajaran tanpa harus berkutat dengan bahasa pemrograman. Bahasa
pemrograman yang rumit tersebut diganti dengan tombol tombol yang mudah untuk
diaplikasikan secara mudah dengan memakai konsep blok pemrograman yang dapat di
click drag and drop, jadi pemrogramannya menjadi mirip menyusun blok blok
konstruksi LEGO.
Scratch
mendukung adanya pengaturan dan penambahan suara untuk animasinya, Penambahan
untuk banyak gambar yang mendukung ide cerita sebuah animasi ataupun games.
Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pembelajaran kepada siswa
dalam hal Problem Solving Skills, dan aktifitas yang memperkenalkan secara dini
Logika dan Matematika.
Pada
game ini tujuannya untuk melatih konsentrasi, melatih ketepatan/kesatuan
pikiran dan gerakan, menguji kesabaran & Ketenangan, dan sebagai media
refresing.
9. Kesimpulan.
Game
merupakan sebuah alat untuk bermain dan refreshing yang sangat berkembang
akhir-akhir ini dalam lingkungan masyarakat. Saat ini game telah berkembang
menjadi sebuah alat ataupun media yang bisa digunakan sebagai sarana belajar.
Permainan
yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan
intelektual” (intellectual playability).
Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi
pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan
intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu
menarik untuk dimainkan secara maksimal. Game menjadi salah satu pilihan utama
untuk mengisi waktu senggang setelah berakifitas.
Game
Arcade adalah genre game komputer yang mengandalkan ketangkasan pemainnya dalam
memegang kontrol.
Ciri-ciri
game arcade adalah mempunyai level yang singkat, kontrol yang mudah, serta
tingkat kesulitan yang bertambah dengan cepat. Jenis game ini dirancang untuk
memancing rasa penasaran pemain serta tidak membutuhkan jalan cerita yang
bagus. Game seperti ini membutuhkan waktu belajar yang relatif singkat.
Kesimpulannya Game ini
bermanfaat untuk melatih konsentrasi, melatih ketepatan/kesatuan pikiran dan
gerakan, menguji kesabaran & Ketenangan, dan sebagai media refresing.
Untuk Bermain Secara Online atau anda ingin mendownloadnya klik link :
tutorial pembuatan seprti diatas ada gak?
ReplyDeletemohon infonya?
tutorial yang di posting atas ada gk?
ReplyDeletemohon infoya
Cara membuatnya maen logika aja , tingal geser geser bentuk programnya juga udah visual ngga pake codingan . . .
ReplyDelete